Makanan sehat ibu hamil muda/tua

Makanan sehat ibu hamil muda/tua - Saat-saat masa kehamilan merupakan hal terpenting untuk diperhatikan, Mengontrol konsumsi makanan dan tidak sembarangan adalah merupakan kewajiban demi menjaga kesehatan janin / jabang bayi dan ibu itu sendiri yang sedang hamil. Menentukan dan memilih makanan-makanan yang mempunyai kandungan Gizi yang baik mempunyai pengaruh terhadap perkembangan bayi kelak.

Terkadang wanita pada hamil pertama masih banyak yang belum mengetahui makanan ibu hamil, atau juga mengetahui tetapi terkadang malah mengindahkan saran makanan sehat itu. Dan saat terpenting saat hamil muda yang sangat sensitif pada janin jadi Makanan Ibu Hamil Muda harus diperhatikan betul. Di bawah ini akan diulas bikin betah mengenai daftar makanan ibu hamil, dan tips makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi saat hamil.


Makanan Ibu Hamil

Makanan Ibu Hamil
Makanan Ibu Hamil

Mempunyai bayi yang sehat dan normal adalah keinginan semua orang tua, jadi perlu kalian perhatikan benar-benar dalam mengkonsumsi makanan yang bergizi, lalu makanan apa saja yang baik buat wanita yang sedang hamil, berikut panduan dalam memilih makanan Ibu hamil yang sehat.

1. Konsumsi Makanan yang berkarbohidrat.
Karbohidrat adalah sumber utama kalori buat ibu [wanita yg sedang hamil] dan janin. Makanan yang mempunyai nilai karbohidrat baik seperti berasal dari nasi, roti, sereal, kentang, dan lain lain.

2. Konsumsi Makanan yang berprotein tinggi
Makanan yang mengandung berprotesin tinggi antara lain Telur, Ikan, Kacang, Daging & Susu. Mengapa ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang mempunyai protein tinggi dikarenakan protein ini berguna untuk membentuk jaringan baru untuk janin.

3. Makanan yang kaya akan kalsium.
Dalam hal ini kalsium berguna dalam pembentukan tulang pada janin, jadi bila menginginkan tulang yang sehat dan kuat konsumsi makanan yang kaya dengan kalsium antara lain bisa di dapat dari susu, keju, yoghurt, ikan teri, dan lain-lain.

4. Konsumsi makanan mempunyai mengandung vitamin dan mineral.
Dalam hal ini sayuran dan buah2an yang mempunyai kandungan vitamin dan mineral. Makanan jenis sayuran dan buah2an ini juga kaya akan serat yang mempunyai peranan bisa mengatasi konstipasi saat-saat waktu kehamilan.

Agar lebih mudahnya buat para ibu hamil dalam menentukan makanan, berikut kadar menu makanan ibu hamil setiap harinya.

>> Makanan waktu sarapan pagi : susu ibu hamil, nasi, telur, tempe goreng, tumis kacang panjang.
>> Makanan waktu selingan pagi (sekitar pukul : 10.00 WIB) : satu mangkok bubur kacang hijau atau dua keeping biscuit crakelmeal.
>> Makanan waktu siang hari : nasi, ikan bakar, sayur asam, tahu, jus mangga.
>> Makanan waktu selingan sore hari (sekitar pukul : 16.00 WIB) : kolak pisang campur labu kuning.
>> Makanan waktu malam : nasi, empal daging, tempe bacem, orak-arik wortel plus kubis plus toge, papaya.

Dan tips penting tambahan untuk ibu hamil sebaiknya makanan itu dimasak dulu supaya tidak ada bakteri didalamnya, kemudian perbanyak minum air putih dan hindari minuman yang mengandung kafein, seperti teh, kopi dan juga hindari minuman yang beralkohol karena sangat berbahaya buat janin dan ibu hamil itu sendiri.

Itulah makanan ibu hamil semoga bisa membantu khususnya kaum wanita.

Sumber: http://bikinbetah.blogspot.com/2012/06/makanan-sehat-ibu-hamil-muda.html

Makanan sehat ibu hamil muda/tua Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin