Spanyol menang atas italia 4-0

spanyol menang dari italia 4-0
Spanyol menang atas italia 4-0 - Spanyol akhirnya mampu mempertahankan gelar juara Piala Eropa setelah di final menaklukkan Italia dengan skor 4-0. Kemenangan tersebut juga membuat La Furia Roja mencatat sejarah menjadi juara tiga kali berturut-turut di turnamen besar.


Pada laga di Stadion Olimpiade, Kiev, Senin (2/7) dinihari WIB, Spanyol sudah memimpin di babak pertama lewat gol David Silva dan Jordi Alba. Fernando Torres dan Juan Mata menambah dua gol lagi di babak kedua guna memastikan kemenangan Spanyol 4-0.      

Usaha pertama ke gawang dilakukan oleh Italia llewat tendangan Andrea Pirlo yang masihi jauh dari sasaran. Sementara Spanyol mencoba menekan lewat tendangan bebas Sergio Ramos yang masih berada di atas gawang Italia.

Pada menit ke-7, kembali Ramos mengancam lewat sundulannya setelah menyambut sepak pojok namun masih melenceng dari target. Lagi peluang bagi Spanyol lewat tendangan Xavi Hernandez yang masih melambung di atas mistar gawang  

Spanyol akhirnya memimpin 1-0 di menit ke-14 lewat tandukkan kepala David Silva setelah memanfaatkan umpan tarik Fabregas. Sedangkan Italia mencoba meningkatkan serangannya setelah tertinggal di menit awal.

Sebuah usaha Pirlo lewat tendangan bebasnya masih belum membuahkan hasil. Pada menit ke-17, Casillas harus bekerja keras mengamankan gawangnya setelah Pirlo melakukan dua kali sepak pojok dan sekali tendangan bebas ke gawang.   

Pada menit ke-20, Giorgio Chiellini tampak kesakitan dan akhirnya ditarik keluar dan digantikan oleh Balzaretti. Kartu kuning pertama di laga final ini diberikan kepada Gerrard Pique yang melanggar Cassano

Serangan dari Italia sebuah umpan dari sayap kiri gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Balotelli karena Casillas lebih dulu menghalau bola tersebut. Tendangan Cassano di kotak penalti masih terlalu pelan sehingga bisa diamankan Casillas.

Lagi serangan dari Azzurri lewat tendangan keras Balotelli di menit ke-37 melambung di atas gawang. Namun bukan Italia yang bisa menyamakan kedudukan justru Spanyol yang berhasil memperbesar kemenangannya meenjadi 2-0.

Gol kedua Spanyol tersebut dicetak oleh Jordi Alba. Berawal dari umpan passing xabviiu  setelah Xavi mengirimkan bola lolos dari jebakan offside membawa bola ke kotak penalti. Ia menyelesaikan dengan sepakan kaki kirinya guna menaklukkan kiper Buffon di menit ke-41.

Setelah itu Italia mencoba menekan dan sebuah peluang Montolivo masih gagal menghasilkan gol. Sedangkan mendelatu turun minum Silva juga sempat menekan namun Buffon masih sigap untuk mengamankan gawangnya.

Di babak kedua, Italia langsung menekan. Sebuah sundulan pemain pengganti Antonio Di Natale berada tipis di atas mistar gawang Spanyol. Namun Spanyol juga balik mengancam lewat tendangan Fabregas yang masih berada di samping gawang.

Lagi Fabregas mengancam namun Buffon sempat menepis bola sebelum dibuang pemain belakang. Menit ke-48, bola sempat mengenai tangan Leonardo Bonucci di kotak penalti namun wasit tampaknya tidak melihat dan pertandingan terus berjalan.

Pada menit ke-51, Casillas menggagalkan peluang berbahaya dari tendangan keras Di Natale. Sedangkan usaha Balotelli masih belum tepat sasaran. Pada menit ke-59, pencetak gol Spanyol, Silva ditarik keluar digantikan Pedro Rodríguez.  

Motta yang baru bermain empat menit sudah masuk harus ditandu keluar dan tidak ada pergantian pemain lagi di kubu Italia karena sudah melakukan tiga kali pergantian. Tentu saja hal tersebut membuat pusing Prandelli dimana skuadnya harus bermain dengan sepuluh pemain di saat tertinggal 0-2.

Sedangkan Spanyol kini lebih aktif menekan ke pertahanan Italia namun masih belum menghadirkan gol lagi. Pada menit ke-74, Fabregas ditarik keluar dan digantikan oleh Fernando Torres.

Pada menit ke-78 , peluang Pedro di depan gawang dan nyaris menjadi gol namun hakim garis menyatakan dia offside. Lagi Pedro mencoba mengancam namun tendanganya dari jarak jauh masih melebar.

Namun, Torres akhirnya yang memperbesar kemenangan Spanyol menjadi 3-0 setelah mendapatka umpan dari Xavi guna menaklukkan Buffon dengan sepakan kaki kanannya di menit ke-84. Para pemain Spanyol pun bergembira karena gelar juara tinggal menunggu waktu saja.

Meski demikian, Spanyol masih menambah gol menjadi 4-0 lewat pemain pengganti Juan Mata di menit ke-88. Torres yang sudah berhadapan dengan Buffon tampak tidak egois, dia mengirimkan bola ke Mata yang tak terkawal dan diselesaikan dengan baik.

Tampak para pemain Spanyol di pinggir lapangan sudah menunggu wasit meniupkan peluit panjang. Mereka telah siap merayakan kemenangan.
Skuad:

Spanyol: Casillas; Arbeloa, Pique, Sergio Ramos, Jordi Alba; Busquets, Xavi, Xabi Alonso; David Silva (Pedro 59'), Fabregas (Torres), Iniesta (Mata 86')

Italia: Buffon; Abate, Barzagli, Bonucci, Chiellini (Balzaretti 21'); Marchisio, Pirlo, De Rossi; Montolivo (Motta 56'); Balotelli, Cassano (Di Natale 46')

Sumber: cetroone

Spanyol menang atas italia 4-0 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin