Tips Olahraga Untuk Penderita Asma

Tips Olahraga Untuk Penderita Asma
Tips Olahraga Untuk Penderita Asma - Penderita asma kerap menghindari berolahraga karena takut penyakitnya akan kambuh atau bahkan semakin parah. Memang penderita asma tidak boleh sembarangan berolahraga, tapi bukan berarti tidak melatih fisik. Berikut ini tips olahraga penderita asma yang bisa Anda ikuti :
  • Senam aerobik low impact cocok bagi penderita asma. Senam jenis ini gerakannya tidak terlalu memberatkan namun bermanfaat bagi kebugaran.
  • Senam aerobik dilakukan dalam waktu bertingkat, mulai dari 20 menit lalu bertahap sampai 60 menit dan tahapan selanjutnya.
  • Selalu lakukan pemanasan dan pendingingan.
  • Gerakan pemanasan wajib dilakukan agar sistem tubuh siap menerima beban fisik yang meningkat. Prinsip gerakan pemanasan adalah melakukan gerakan tanpa beban dengan melibatkan seluruh sendi tubuh. Misalnya, mengangkat pundak, berlari kecil, dan lainnya.
Jika asma kambuh, jangan langsung panik karena dapat memperparah kondisi tubuh. Anda bisa langsung mengambil minum atau menghirup obat biasa yang digunakan. Ketika dalam posisi berdiri, segera sandarkan tubuh ke tembok dengan posisi kepala bertumbuh dan menunduk.

Anda juga bisa mengatasi serangan asma ketika berolahraga dengan langsung duduk dengan posisi badan dicondongkan ke depan ke arah meja. Menyanggah dada menggunakan bantal lalu kepala bertumpu pada tangan. Posisi ini dilakukan untuk memudahkan pernapasan.

Ada baiknya mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai olahraga yang aman bagi penderita asma. Dan selalu membawa obat ketika berolahraga. Semoga tips olahraga penderita asma ini membantu Anda menjalani hidup sehat.

Sumber: Melinda hospital

Tips Olahraga Untuk Penderita Asma Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin